Paket Belajar Orang Tua Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Mau mendaftar SIMAK UI 2021 tapi terkendala biaya? Tenang saja, Pahamifren! Kamu bisa daftar SIMAK UI secara gratis menggunakan KIP Kuliah 2021. Hanya saja, jalur Mandiri KIP Kuliah di Universitas Indonesia ini cuma ditujukan untuk program S1 Reguler, ya. Bagi kamu yang tertarik mendaftar, ini dia jadwal pendaftaran dan cara daftar SIMAK UI pakai KIP Kuliah 2021 yang wajib kamu ketahui.

Pendaftaran SIMAK UI 2021 Menggunakan KIP Kuliah

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah adalah program bantuan pemerintah dalam bidang pendidikan untuk siswa berprestasi dengan keterbatasan ekonomi. Pada tahun 2021, Universitas Indonesia membuka pendaftaran SIMAK UI khusus peserta KIP Kuliah, lho. Kalau kamu mendaftar SIMAK UI pakai KIP Kuliah, kamu bisa terbebas dari biaya pendaftaran. Mengingat biaya pendaftaran SIMAK UI relatif mahal, sebaiknya jangan lewatkan kesempatan emas ini ya, Pahamifren!

Jadwal Pendaftaran SIMAK UI bagi Peserta KIP Kuliah

Berikut adalah jadwal SIMAK UI bagi peserta KIP Kuliah, berdasarkan akun Twitter resmi SIMAK UI:

Pendaftaran SIMAK UI khusus KIP Kuliah: 5 Mei – 7 Juni 2021.

Ujian SIMAK UI: 19 – 21 Juni 2021.

Pengumuman hasil SIMAK UI: 30 Juni 2021.

Cara daftar SIMAK UI 2021 pakai KIP Kuliah. Ketahui jadwal dan prosedur pendaftarannya di ulasan ini.

Ketentuan Daftar SIMAK UI 2021 Pakai KIP Kuliah

Khusus bagi kamu yang mendaftar SIMAK UI menggunakan KIP Kuliah 2021, ada beberapa ketentuan penting yang harus kamu perhatikan, antara lain:

  • Peserta yang lolos verifikasi KIP Kuliah akan dibebaskan dari biaya pendaftaran SIMAK UI 2021.
  • Peserta KIP Kuliah hanya dapat memilih maksimal 3 pilihan program studi jalur S1 Reguler.
  • Setelah lolos SIMAK UI dan diterima di Universitas Indonesia pada program S1 Reguler, calon mahasiswa yang terdaftar sebagai peserta KIP Kuliah wajib mengumpulkan berkas kelengkapan tambahan untuk proses seleksi penerima KIP Kuliah di UI. Berkas kelengkapan tersebut diinformasikan saat pengumuman hasil seleksi. Lalu, calon mahasiswa juga wajib mengunggah foto Kartu Indonesia Pintar Kuliah untuk verifikasi sebagai peserta KIP Kuliah.

Cara Daftar SIMAK UI 2021 Pakai KIP Kuliah

Adapun prosedur cara daftar SIMAK UI 2021 menggunakan KIP Kuliah yang bisa kamu ikuti adalah sebagai berikut:

  1. Membuat akun di laman penerimaan.ui.ac.id.
  2. Log in dengan akun yang sudah dibuat. Apabila belum memiliki akun, kamu bisa membuat akun baru pada menu Buat Account.
  3. Melengkapi isian pada menu KIP Kuliah. Data yang dibutuhkan berupa nomor pendaftaran KIP Kuliah dan foto kartu peserta KIP Kuliah (boleh bertanda tangan, boleh tidak).
  4. Menunggu hasil verifikasi. Proses verifikasi bisa memakan waktu beberapa hari, atau bahkan lebih lama karena prosesnya bersifat manual.
  5. Setelah status KIP Kuliah terverifikasi, kamu dapat melanjutkan pengisian formulir pendaftaran dan memilih program studi pada menu Buat Pendaftaran.
  6. Peserta yang lolos verifikasi KIP Kuliah tidak dibebankan biaya pendaftaran.

Perlu kamu ingat, sebelum status KIP Kuliah terverifikasi, jangan memilih jurusan terlebih dahulu. Jika terlanjur membuat pendaftaran dan memilih jurusan, pilih menu Batalkan Pendaftaran, lalu tunggu sampai status KIP Kuliah terverifikasi.

Namun, apabila kamu terlanjur membuat pendaftaran dan membayar biaya pendaftaran, maka biaya tersebut tidak dapat dikembalikan dengan alasan apa pun. Jadi, cermati tahapannya dengan baik, ya. Selain itu, pastikan data yang diisikan benar agar proses verifikasi bisa berjalan lancar.

Cara Daftar KIP Kuliah 2021

Ingin mendaftar SIMAK UI secara gratis, tapi belum memiliki KIP Kuliah? Jangan panik, pendaftaran akun siswa KIP Kuliah masih dibuka hingga 31 Oktober 2021 mendatang. Jadi, kamu masih bisa mendaftarkan diri sebagai peserta KIP Kuliah. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lalui saat melakukan pendaftaran KIP Kuliah 2021:

  1. Lakukan pendaftaran akun di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui aplikasi KIP Kuliah.
  2. Masukkan NIK, NISN, NPSN, serta alamat email yang aktif.
  3. Sistem akan secara otomatis melakukan validasi data. Apabila validasi berhasil, kamu akan menerima email berisi Nomor Pendaftaran dan Kode Akses.
  4. Setelah itu, log in ke laman KIP Kuliah kembali, lalu pilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN, SBMPTN, SMPN, UMPN, Mandiri) dan selesaikan proses pendaftaran.
  5. Perguruan tinggi akan melakukan verifikasi data calon penerima KIP yang lolos pada setiap jalur seleksi.
  6. Jika verifikasi berhasil, maka kamu berhak menerima bantuan KIP Kuliah.

Nah, itu dia informasi yang bisa Mipi sampaikan terkait cara daftar SIMAK UI menggunakan KIP Kuliah. Segera daftarkan dirimu sekarang dan semoga beruntung! Bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri menghadapi SIMAK UI 2021, jangan lupa berlangganan Paket SKS SIMAK UI dari Pahamify!

Saat berlangganan Paket SKS SIMAK UI, kamu bisa mengikuti kelas online, try out SIMAK UI, study coach bersama Kak Fikri, akses fitur Study Plan, hingga gabung grup belajar eksklusif untuk berdiskusi soal SIMAK UI sepuasnya bersama tutor dan Pahamifren dari seluruh Indonesia. Wah, lengkap banget kan?

Buruan download aplikasi Pahamify dan berlangganan paketnya sekarang! Manfaatkan berbagai fitur kerennya untuk #TaklukkanSIMAKUI.

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

2 Comments on “Ikut SIMAK UI Gratis! Ini Jadwal dan Cara Daftar SIMAK UI 2021 bagi Peserta KIP Kuliah

DISYACITA GINANG PRATIDNA
June 5, 2021 at 2:43 am

Universitas indonesia sangat diminati oleh banyak siswa di indonesia. Dengan adanya program SIMAK UI jalur KIP, siswa menjadi lebih termotivasi untuk mengikuti SIMAK UI tanpa terkendala biaya. Prosedur cara daftar SIMAK UI dengan menggunakan KIP kuliah juga sangat mudah, hanya saja harus menunggu verifikasi yang memakan waktu lebih lama.

Reply
Fatimatuz Zahro
June 5, 2021 at 7:17 am

Terima kasih atas informasinya. Sangat bermanfaat sekali. Semoga temen-temen yang baru lulus bisa lebih paham tentang proses mendaftar SIMAK di UI dan tidak merasa kebingungan lagi. Penjelasan di blog ini lengkap dan mudah dimengerti ya temen-temen.

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll