Paket Belajar Orang Tua Guru Mitra
pfy-burger-btn Menu

Inginnya sih rajin belajar, tapi kok masih sering kebablasan istirahat dan malas-malasan. Hayo, siapa di antara kamu yang mengalami hal serupa? Persoalan tersebut enggak boleh dibiarkan begitu saja, ya. Di tahun ajaran baru, kamu mesti menjadi orang yang lebih teratur dan giat belajar agar mendapatkan nilai bagus serta mudah meraih impian. Nah, Mipi sudah menyiapkan beberapa cara giat belajar yang bisa kamu terapkan di semester baru. Yuk, cari tahu apa saja caranya!

Cara Lebih Teratur dan Giat Belajar di Tahun Ajaran Baru

Dalam menyambut tahun ajaran baru, kamu tentunya ingin lebih semangat dan rajin belajar. Apalagi, setelah liburan semester biasanya semangat belajar jadi kendor dan kita lupa akan kewajiban belajar, betul nggak? Jangan khawatir, kamu bisa mengembalikan semangat tersebut dengan menerapkan 5 cara giat belajar berikut ini.

Memisahkan Waktu Belajar dan Mengerjakan Tugas

Mengingat tugas yang sulit dan menumpuk terkadang membuat kita malas belajar. Maka dari itu, sebaiknya kamu pisahkan waktu mengerjakan tugas, belajar, dan aktivitas lainnya. Cari ini bertujuan agar kamu lebih fokus dengan apa yang kamu kerjakan. Selain itu, proses belajar pun jauh lebih efektif.

Di tahun ajaran baru ini, sudahkah kamu merancang jadwal belajar yang efektif?

Misalnya, kamu sering mengerjakan tugas pada siang hari sekitar jam 1-2 siang. Maka, di tahun ajaran baru ini, kamu bisa mengatur jadwal khusus belajar konsep pada sore hari. Lalu, pada malam harinya kamu dapat mengisi waktu dengan aktivitas lainnya. Kalau sudah menetapkan waktu seperti itu, kamu akan lebih teratur dan konsisten dalam melaksanakannya.

Membuat To Do List

To do list dapat memudahkan kamu menentukan prioritas kegiatan. Kamu bisa mencantumkan daftar materi yang perlu dipelajari hari ini atau tugas yang harus dikerjakan. Ketika sudah melaksanakannya, kamu bisa memberi centang pada to do list tersebut. Cara ini akan membuatmu giat belajar agar bisa mencentang semua daftar kegiatan yang kamu buat.

Sebenarnya, kamu enggak harus selalu bergantung pada to do list. Sesuaikan saja dengan aktivitas harianmu seperti apa. Saran dari Mipi, cukup tulis hal-hal prioritas. Ketika sudah menyelesaikan hal-hal prioritas tersebut, kalau masih ada waktu, kamu bisa melakukan aktivitas lainnya.

Hindari Multitasking

Cara giat belajar dan lebih teratur di semester baru berikutnya yaitu menghindari multitasking. Sebagai pelajar, kamu harus produktif, fokus, dan puas dalam menyelesaikan suatu aktivitas, termasuk belajar. Kuncinya adalah menyelesaikan satu pekerjaan dengan benar. Bukan melakukan banyak aktivitas dalam satu waktu.

Jika kamu belajar dengan cara melakukan multitasking, misalnya belajar materi Fisika dan mengerjakan tugas Biologi secara bersamaan, yang ada kamu tidak fokus belajar. Hasil belajar yang kamu lakukan pun tidak maksimal. Saat hasilnya tidak maksimal, bukan tidak mungkin semangat belajarmu justru turun. Jadi, sebaiknya selesaikan satu kegiatan terlebih dahulu, baru lakukan hal lainnya, ya!

Tentukan Tujuan yang Spesifik

Tujuan belajar yang spesifik dapat menjadi cara supaya giat belajar di semester baru. Untuk membuatnya, pisahkan tujuan tiap bidangnya. Kamu juga bisa memisahkan tujuan tersebut menjadi internal dan eksternal. Misalnya, tujuan internal belajar akademik yaitu supaya lebih pintar. Tujuan eksternalnya adalah mendapatkan nilai bagus pada tiap mata pelajaran.

Saran dari Mipi, tuliskan secara detail tujuan belajar tersebut, termasuk kapan dan bagaimana cara kamu akan mencapai tujuan itu. Contohnya, kamu mau jago Matematika. Hal itu bakal terwujud kalau kamu sudah mendapatkan nilai 100 dalam ujian Matematika. Untuk mencapainya, kamu harus sering latihan soal Matematika dan perbanyak pemahaman konsep.

Dari contoh tersebut, tujuan belajar jadi lebih spesifik kan? Kamu pasti jauh lebih teratur dan giat belajar untuk mewujudkan hal tersebut. Proses belajar di semester baru pun jauh lebih fokus dan terarah.

Temukan Sarana Belajar Tepat

Gunakan bimbel online Pahamify, untuk merancang jadwal belajar yang efektif di tahun ajaran baru

Banyak di antara kamu sulit teratur dan malas belajar karena belum menemukan sarana belajar yang tepat. Bingung mulai belajar materi dari mana, gaya belajarnya seperti apa, fasilitas belajar yang dibutuhkan, dan sebagainya. Agar bisa bangkit dari kemalasan dan menjadi lebih giat belajar, segera temukan sarana belajar sesuai kebutuhanmu. Alangkah baiknya kamu memilih sarana belajar yang tidak membosankan atau bahkan bisa membuatmu ketagihan belajar.

Bagaimana, Pahamifren? Sudah siap menerapkan cara-cara di atas? Semoga ulasan ini membuatmu lebih semangat menyambut tahun ajaran baru, ya.

Kabar baiknya, kamu bisa menggunakan aplikasi belajar online Pahamify untuk mendapatkan proses belajar seru di rumah. Dilengkapi video belajar animasi dan eksperimen seru, try out online, bank soal SMA, kelas online, jadwal belajar, serta grup belajar eksklusif, Pahamify bisa menjadi sarana belajar tepat untuk raih kampus impian.

Yuk, kejar impianmu bareng Pahamify! Download aplikasi Pahamify sekarang melalui link ini. Manfaatkan semua fiturnya menuju back to school seru dengan proses belajar maksimal.

Referensi: Edukasi Sindonews

Penulis: Fitri Dewanty – SEO Content Writer Pahamify

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

download-hero-image

Mobile Version

Desktop Beta Version

Kamu belum yakin? Tanya langsung disini!

© 2021 Pahamify. All rights reserved.

Script for Mobile Horizontal Scroll